Backup Dan Restore Bookmark Google Chrome

Sering kali kita menemukan website-website yang menurut kita penting kemudian kita bookmark agar kedepannya kita masih dapat atau mengetahui alamat website tersebut, kebanyakan dari kita ingin menyelamatkan bookmark kita pada google chome hanya saja ketidaktahuan kita untuk backup serta restore bookmark tersebut yang menyebabkan kita kehilangan bookmark kita. Yang menjadi pertanyaan disini adalah bagaimana jika kita ingin mengformat komputer kita ataupun ingin berpindah pada komputer lain tanpa harus kehilangan bookmark kita ? Nah, diartikel kali ini saya akan menjalaskan cara dan langkah-langkah dalam membackup serta merestore bookmark kita dengan singkat dan padat. Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu :

1. Tekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+O maka akan muncul halaman Bookmark Manager, alternatifnya ketikkan alamat berikut: chrome://bookmarks/.

2. Untuk melakukan proses backup maka klik icon gear di kanan bagian pencarian dan sebelum tombol Sign in (kalau anda sudah login akan ada foto profil Google+ anda). Salah satu opsi menunya nanti adalah Export bookmarks& dan otomatis akan muncul jendela Windows Explorer untuk menentukan dimana lokasi penyimpanan file bookmarknya (dalam format HTML).

3. Bagaimana cara memulihkan data bookmark yang telah dibuat cadangannya? Pada halaman yang sama (Bookmark Manager) klik Import bookmarks dan kemudian arahkan ke file HTML yang telah anda siapkan. Selesai.

Kalau anda ingin melakukan hal yang sama di Mozilla Firefox maka caranya tidak kalah mudahnya kok. Sedangkan kalau tidak ingin memindahkan bookmark ke setiap perangkat yang anda miliki maka bisa sign-in akun Google anda, dan di Firefox aktifkan Firefox Sync.

Sekian artikel tentang Backup Dan Restore Bookmark Google Chrome. Kalau ada yang ingin ditanya atau ditambahkan, silahkan ajukan lewat komentar.. Silahkan share kalau kiranya bermanfaat.

Terima Kasih..

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Tinggalkan Balasan

×
×

Cart