Apa Itu Website Dari Pandangan Pengguna Awam

Halo kawan-kawan, edisi artikel kali ini agak spesial. Saya diberikan tugas untuk menuliskan tentang apa itu website berdasarkan pengalaman Saya dari awal penggunaan. Untuk mengenal website lebih dalam, tentunya kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dialami seseorang dari awal, hingga benar-benar mahir. Eits, tunggu dulu, benar-benar mahir disini bukan profesional banget ya, maksudnya udah paham hingga kita terus menggunakannya, menikmati, dan berselancar dengan website tanpa memikirkan lagi apa sebenarnya website itu.

Tanpa disadari, kegiatan sehari-hari kita adalah berinteraksi dengan yang namanya website. Kita menggunakan internet melalui smartphone maupun komputer dengan asumsi kalau website itu sesuatu yang terbuka dengan koneksi internet, yang merupakan satu kesatuan, kita beli paket, bayar internet bulanan atau bahkan bayar biling warnet, maka website-website yang kita akses itu merupakan fitur dari paket atau internet yang kita bayarkan. Itulah yang dipahami Saya sejak awal. Apakah Anda juga pernah memiliki pemikiran yang sama? ataupun sama sekali ga pernah dipikirin, eh tiba-tiba saja berinteraksi terus dengan web hingga kini membaca artikel ini baru terpikir oh ya, dulu saya juga seperti ini loh! jangan lupa sharekan pengalaman Anda juga di bagian comment ini yah karena tiap pengguna pasti memiliki pengalaman yang berbeda.

Lantas bagaimana Saya mengenalnya lebih jauh?

Zaman sekolah guru-guru maupun senior-senior Saya sering mengarahkan untuk mencari informasi dengan Google. Ketik sesuatu yang ingin dicari di Google, maka muncul hasilnya. Wah hebat banget, sepertinya apa aja yang mau dicari ada disitu ya. Dari hasil-hasil pencarian Google tersebut muncul banyak informasi yang bersumber dari alamat-alamat yang beraneka ragam. Setiap alamat memiliki isi, cara penyampaian, susunan dan informasi yang berbeda. Lalu seiring dengan pelajaran sekolah dan istilah-istilah yang disebut-sebutkan oleh para pengguna yang mahir, maka barulah Saya memahami, apa yang Saya akses ini dinamakan Website. Seluruh informasi dari alamat yang beraneka ragam itu merupakan Website yang dibuat dan dikelola oleh seseorang, tidak mungkin muncul begitu saja. Dan yang lebih menarik lagi, yaitu hasil pencarian yang muncul di Google itu merupakan kumpulan website dari seluruh dunia yang sudah dimasukkan kedalam Google itu loh.

Dengan website-website yang diciptakan, dapat memenuhi kepentingan penggunanya yang beraneka ragam. Sebagai contoh website jejaring sosial yang dapat membantu kita tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang juga ikut bergabung didalam jejaring sosial itu. Kita juga bisa menemukan dan membeli produk yang diinginkan dari Website Pasar Jual Beli, menemukan informasi mengenai suatu perusahaan dari website perusahaan tersebut maupun membagikan data seperti foto, video, suara melalui website penyimpanan data. Masih banyak lagi yang dapat kita lakukan, namun di artikel ini tidak Saya jabarin lebih jauh yah.

Nah seiring berjalannya waktu, rasa penasaran dan kata-kata rakyat (gimana ya bahasanya, rumor-rumor setiap orang yang menggunakan website deh) yang mendorong saya untuk selalu mendalaminya. Katanya Website bisa menghasilkan uang, bisa membangun reputasi, bisa membangun relasi, dan pada tahun-tahun yang akan datang pengguna yang akan membuka website akan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, perangkat-perangkat untuk dapat mengaksesnya juga semakin murah dan terjangkau. Dalam penggalian rasa penasaran ini, mulailah saya mengetahui bahwa website itu terdiri dari banyak sekali komponen yang menyatu supaya dapat diakses. Secara singkat sih komponen utamanya yaitu Hosting dan Domain. Hosting yang merupakan tempat penyimpanan, domain yang merupakan alamat. Jadi kita buka website itu sebenarnya dengan menuju ke domain lalu domain itu mengarahkan ke data-data yang diisi kedalam hosting.

Mengenai Domain dan Hosting ini tidak saya jabarin lebih lanjut karena hal ini sudah bersifat teknis dan mungkin masih belum cocok untuk Anda yang masih Awam seperti Saya dulunya. Secara singkatnya mungkin sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya di  Sini. Bagi Anda yang rasa ingin tahunya tinggi seperti Saya, disini Saya rekomenkan untuk mengunjungi Niagahoster atau Web hosting indonesia sebagai Layanan Web Hosting dan Domain Indonesia yang Cepat, Mudah disertai Bantuan Teknis Terbaik di Indonesia yang dipercaya oleh ribuan Pembuat Web. Apabila Anda memiliki keinginan untuk memiliki website namun tidak dapat menghabiskan waktu yang banyak untuk mendalami ilmunya, Anda juga dapat menghubungi kita Teknody.com untuk membantu Anda (wah promosi sedikit, hehe).

Begitulah kiranya pengalaman Saya tentang Apa itu Website. Oh ya ada satu yang sangat penting untuk membantu pemahaman Anda mengenai Website, yaitu Mencobalah! tanpa mencoba, kita tidak akan pernah benar-benar memahami. Cobalah membuat website untuk mengenal apa itu website, cobalah mencari ilmu pendukungnya sebelum memulai. Saya yakin dengan mencoba, Anda akan lebih mahir daripada sekedar mengenal dari teori-teori yang diberikan. Memang membutuhkan waktu yang lama, nikmatilah prosesnya. Jika ingin belajar, lewatilah prosesnya. Sekian dan Terimakasih…

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart