Hosting Website dari Komputer Sendiri

Host Website sendiri dari komputer atau membangun web server di komputer tidaklah semahal yang kita bayangkan, yang kita perlukan hanyalah sebuah Laptop/PC/Komputer serta konektivitas internet, misalnya jaringan internet Telkom Speedy.

Perlu kalian ketahui kalau Speedy menggunakan Dynamic Public IP jadi setiap restart modem maka IP publik otomatis akan ganti dengan IP yang baru, oleh karena itu kita perlu menggunakan DDNS (Dynamic DNS) untuk mengatasi kelemahan ini.

Telkom Speedy sudah menyediakan servis tambahan untuk solusi Dynamic IP yaitu SpeedyDDNS.net. Ada dua plan yaitu:

  • Basic: 1 hostname dengan biaya Rp. 5.000/Bulan
  • Pro: 10 hostname dengan biaya Rp. 10.000/Bulan

Selain itu ada juga yang gratisan misal No-IP. Nah saya akan menggunakan versi gratisan untuk pembahasan kali ini.

Solusi DDNS

Pertama, kita buat akun di No-IP terlebih dahulu. Setelah itu. buatlah satu hostname dengan menggunakan salah satu domain mereka, misalnya example.ddns.net

Setting Modem

Saya menggunakan TP-Link yang merupakan router bawaan dari Speedy saya. Coba masuk ke settingan router Anda, misalnya 192.168.1.1.

Masuk ke Advanced Setup -> NAT.

Pilih Virtual Circuit yang digunakan, misal PVC7 (lihatlah status modem mana virtual circuit yang saat ini kita gunakan). Klik Virtual Server.

Lalu buatlah dua buah rule yaitu port 80 (HTTP_Server) dan port 443 (HTTPS). Misalnya Laptop/PC/Komputer kita menggunakan local IP 192.168.1.2 maka isikan Local IP Address dengan IP tersebut.

Setelah itu masuk ke Access Management -> DDNS.

Isikan hostname yang sudah kita buat tadi di No-IP lalu masukkan username serta password akun No-IP.

Setting web server di laptop/PC

Laptop saya menggunakan Windows 7 dan untuk web server menggunakan XAMPP. Langsung download saja dan install di Laptop/PC/Komputer kita. Misal, instalasi program xampp-nya di folder C:/xampp.

Saya akan menggunakan HTMLy untuk blogging platformnya supaya minim resources seperti blog ini. Jadi nanti alamat blog kita sesuai dengan hostname yang sudah dibuat tadi yaitu example.ddns.net.

Cara ke 1 :
Pertama buat Virtual Host di C:/xampp/apache/conf/extra/httpd-vhosts.conf. Tambahkan kode virtual host berikut:

NameVirtualHost *:80<virtualhost *:80>    ServerName example.ddns.net    ServerAlias example.ddns.net www.example.ddns.net    ServerAdmin [email protected]    DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/htmly"    <Directory "C:/xampp/htdocs/htmly">        Options FollowSymLinks Indexes        AllowOverride All        Order Allow,Deny        Allow from all        DirectoryIndex index.php index.html   </Directory></VirtualHost>

Lalu buatlah folder htmly di C:/xampp/htdocs dan isilah folder htmly tersebut dengan file-file htmly. Untuk instalasinya bisa kunjungi project page dari HTMLy di Github.

Setelah semua terkonfigurasi sekarang buka XAMPP control panelnya dan klik Start pada module Apache. Sekarang kunjungi web server pribadi kita yang berisikan blog HTMLy di alamat example.ddns.net. Sekilas dari pembahasan berikut ini. Semoga Bermanfaat !!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart