Instalasi Windows Tanpa Kehilangan File, Pengaturan, dan Tweak

Bagian Pertama: Persiapannya 

Sebelum Anda menginstal ulang Windows, Anda akan ingin menyelesaikan semua barang Anda dan membuat cadangan program, pengaturan, dan tweak yang ingin Anda bawa. Inilah yang kami rekomendasikan.

Langkah Pertama: Ekspor Daftar Program Anda

Sebelum melakukan hal lain, ada baiknya daftar semua program yang Anda instal sekarang sehingga Anda tahu setelan apa yang harus dicadangkan, dan program mana yang ingin Anda instal ulang nanti. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan CCleaner (program yang seharusnya dipasang semua orang). Buka saja dan ekspor daftar program Anda:

1. Buka CCleaner (Anda bisa melakukan ini dengan cepat dengan mengklik kanan Recycle Bin dan memilih “Open CCleaner” dari menu).

2. Pergilah ke bagian “Alat” di bilah sisi kiri.

3. Klik tombol “Simpan ke file teks” di pojok kanan bawah, dan pilih di mana Anda ingin menyimpannya.

Simpan file di Dropbox Anda atau di stik USB sehingga Anda memilikinya setelah melakukan pemasangan bersih.

Langkah Dua: Backup Pengaturan Windows Anda

Selanjutnya, Anda harus mencadangkan setelan Windows apa pun sehingga Anda tidak perlu melakukan terlalu banyak tweaker setelah Anda menginstal ulang. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan Windows Easy Transfer, program migrasi built-in Windows untuk acara seperti itu. Ini bisa membuat cadangan pengaturan aplikasi juga, tapi tidak terlalu bagus, jadi kita tidak akan menggunakannya untuk hari ini.

Untuk memulai, buka menu Start (atau layar) dan ketik Windows Easy Transfer. Saat muncul, Anda akan mendapatkan deskripsi tentang apa yang bisa dilakukan. Klik Next dan pilih hard disk eksternal atau USB flash drive untuk file Anda. Katakan bahwa ini adalah PC “lama” Anda, dan ini akan memindai data pengguna Anda untuk dicadangkan. Klik Customize untuk mengubah pilihan. Dalam kasus ini, kami sarankan untuk tidak menghapus semuanya dan hanya mencadangkan “Setelan Windows”, meskipun Anda dapat menggunakan ini untuk mencadangkan dokumen dan file Anda juga (lihat di bawah).

Langkah Tiga: Back Up Your Documents and Files

Sebelum menginstal ulang Windows, Anda pasti ingin mencadangkan dokumen, musik, film, dan file lainnya seperti yang biasa Anda lakukan. Saya biasanya hanya menyalinnya ke drive eksternal atau memindahkannya dengan Windows Easy Transfer seperti yang dijelaskan di atas, meskipun jika Anda membuat cadangan komputer secara teratur (yang seharusnya), Anda dapat selalu mengembalikannya dari cadangan Anda nanti juga.

Langkah Keempat: Back Up Pengaturan Program Anda


Selanjutnya, Anda ingin mencadangkan semua pengaturan yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras pada setiap program tersebut (setidaknya yang Anda rencanakan untuk disimpan). Program yang berbeda menyimpan setting mereka di tempat yang berbeda, tapi inilah tempat utama yang harus Anda lihat:

Your AppData Folder: Folder ini, terletak di C: \ Users \ yourusername \ AppData, adalah tempat sebagian besar program Anda menyimpan setting mereka (biasanya di bawah subfolder Roaming). Biasanya Anda akan melihat folder dengan nama program atau pengembangnya, dengan sejumlah file di dalamnya. Anda ingin mencadangkan seluruh folder program.

Your “My Documents” Folder: Anda tahu di mana ini sudah ada. Jika Anda membukanya, Anda harus melihat beberapa folder untuk program lain di sistem Anda, yang sering kali berisi pengaturan pengguna atau tweak yang ingin Anda simpan. Kembalikan folder tersebut secara terpisah, seperti folder AppData.

Your Program Files Folder: Sebagian besar program tidak akan menyimpan setting di folder Program Files, tapi mungkin menyimpan barang penting lainnya, seperti plugin atau tema yang Anda instal setelah kejadian. Jika demikian halnya untuk program yang dimaksud, ada baiknya Anda mencadangkan mapnya di C: \ Program Files (atau C: \ Program Files (x86)) untuk ukuran yang baik.

Your Registry: Beberapa program, seperti Fences, menyimpan semua pengaturan mereka di Registry Anda. Ini cukup mudah untuk dicadangkan: cukup tekan tombol Windows, ketik regedit, dan tekan Enter. Arahkan ke HKEY_CURRENT_USER \ Software dan gulir ke bawah ke program yang bersangkutan-dalam kasus Pagar, di bawah Stardock \ Fences. Klik kanan pada folder program di registri dan pilih Export to back it up.

Games: Jika Anda bermain game apapun, trik di atas harus berhasil, tapi sebaiknya gunakan program seperti GameSave Manager untuk mempermudah proses lebih sederhana. Ini akan mencari game di sistem Anda, menemukan di mana menyimpan file mereka disimpan, dan mencadangkan semuanya untuk Anda.

Sekali lagi, program yang berbeda akan menyimpan setting di tempat yang berbeda, jadi jika Anda tidak yakin, lakukan sedikit riset sebelum memulai. Jika sebuah program memiliki kemampuan untuk “mengekspor” atau “membuat cadangan” pengaturannya ke file, itu bisa berguna juga.

Setelah Anda menemukan folder di mana sebuah program menyimpan file-nya, salin folder itu ke Dropbox atau USB stick Anda. Saya juga ingin meletakkan file teks dengan folder yang menunjukkan jalan ke tempat penyimpanannya. Misalnya, jika saya mencadangkan setelan Pidgin, saya akan membuka folder .libpurple di folder AppData dan Plugins saya di File Program Pidgin. Saya kemudian membuat folder teks yang mencatat dari mana masing-masing dari dua folder ini berasal, jadi saya tahu di mana harus meletakkannya saat mengembalikannya nanti.

Ulangi proses ini untuk setiap program penting Anda, dan Anda harus memiliki semua yang Anda butuhkan untuk memasangnya kembali nanti tanpa kehilangan pengaturan Anda. Kedengarannya seperti itu akan memakan waktu lama, tapi seharusnya tidak-hanya butuh beberapa menit untuk membuat cadangan semua setting penting dari program favorit saya.

Langkah Kelima: Buat .Reg File Untuk Sistem Anda Tweaks

Jika Anda adalah seorang tweaker yang hebat, Anda mungkin telah mengedit Registry Windows untuk mengaktifkan power-up keren, seperti menyembunyikan item di Windows Explorer (Baca artikel “Sembunyikan Items Panel Navigasi Pada Windows 7“)  atau mempercepat taskbar Windows (Baca artikel “Hilangkan Delay Thumbnail Taskbar Di Windows 7 Dengan Registry Hack“). Cara termudah untuk mendukungnya, kata Justin Garrison, adalah untuk menyimpan file .reg untuk setiap tweak di Drobpox atau USB stick Anda. Dengan begitu, setiap kali Anda menginstal ulang Windows, Anda bisa mengklik dua kali pada file .reg Anda untuk menginstal tweak tersebut secara instan.

Sebagian besar tweak Anda mungkin sudah memiliki skrip .reg yang beredar di net, jadi lakukan beberapa Googling untuk melihat apakah seseorang sudah menciptakannya. Jika tidak, Anda selalu bisa melakukan sedikit riset dan membuat file sendiri juga.

Bagian Kedua: Restorasi

Setelah Anda memiliki semua cadangan, saatnya untuk menginstal ulang Windows. Masukkan disk instalasi Windows dan boot dari itu, atau gunakan opsi Reset Windows 8 di setting untuk memulai dari awal. Setelah Anda mendapatkan instalasi Windows yang baru, saatnya untuk memulihkan semua barang Anda.

Langkah Enam: Kembalikan Setelan Windows Anda

Sebelum melakukan hal lain, sebaiknya Anda mengembalikan setelan Windows yang telah kami cadangkan sebelumnya. Buka kembali Windows Easy Transfer pada pemasangan baru Anda, pasang drive USB Anda dengan file transfer yang Anda simpan, dan kali ini pilih “This Is My New Computer.” Ini akan mengembalikan pengaturan Windows Anda dan akun pengguna Anda yang Anda daftarkan, bersama dengan pengaturan Windows Anda sehingga Anda tidak perlu menemukannya lagi.

Langkah Tujuh: Instal Ulang Program Anda

Selanjutnya, saatnya untuk menginstal ulang semua program Anda. Ini bisa memakan waktu lama, tapi Anda bisa mempercepat prosesnya dengan beberapa alat:

Ninite: Ninite masih menjadi salah satu alat favorit kami untuk menginstal program dengan cepat. Tidak ada program di luar sana, tapi ini awal yang bagus. Cukup periksa semua program yang Anda inginkan, dan Ninite akan membuat paket all-in-one untuk memasangnya dalam satu gerakan. Pastikan juga untuk memeriksa Lifehacker Pack for Windows yang juga memiliki installer Ninite kustom untuk program kami yang paling direkomendasikan.

Chocolatey: Jika Anda lebih menyukai geek perintah, Chocolatey adalah utilitas praktis yang menghadirkan manajemen paket bergaya Linux ke Windows. Dengan beberapa perintah yang ditempatkan dengan baik, Anda dapat menginstal satu ton program sekaligus, melewati kebutuhan semua pemasang terpisah tersebut. Sekali lagi, tidak ada program yang bisa dibayangkan, tapi ada cukup sedikit yang bisa Anda mulai.

Portable Apps: Jika Anda bosan mendownload installer setiap saat, Anda mungkin ingin mencoba menggunakan aplikasi portabel. Aplikasi portabel pada dasarnya membiarkan Anda membawa semua program dan pengaturan ke komputer lain tanpa perlu instalasi. Anda masih harus mencari setiap aplikasi itu sendiri, tapi setelah melakukannya sekali, Anda tidak perlu melakukannya lagi-setiap pemasangan bersih dari sini akan jauh lebih cepat karena Anda sudah menyiapkan setengah dari aplikasi Anda. untuk pergi. 

Setelah Anda menginstal sebagian besar program favorit Anda, Anda mungkin perlu membuka file teks yang kami dapatkan dari CCleaner sebelumnya untuk menjemput setiap perintang yang tidak berada di Ninite. Instal apapun yang Anda inginkan, dan setelah selesai, pindah ke langkah berikutnya.

Langkah Delapan: Kembalikan Dokumen dan Pengaturan Program Anda

Setelah menginstal ulang program favorit Anda, Anda harus mengembalikan dokumen, musik, film, dan file lainnya (jika ada program Anda bergantung pada iTunes seperti iTunes). Ini seharusnya cukup mudah: pulihkan dulu ke tempat yang sama sebelumnya (misalnya, letakkan musik Anda di C: \ Users \ yourusername \ Music \ iTunes \, atau di manapun Anda berada).

Lakukan hal yang sama dengan setting aplikasi yang telah Anda backup sebelumnya. Buka folder itu dan pulihkan folder ke lokasi aslinya di AppData atau Program Files (dalam kasus AppData, Anda harus menimpa file yang sudah ada). Ketika Anda memulai program itu, Anda harus mewarisi semua pengaturan lama Anda dan akan seperti Anda tidak pernah pergi!

Langkah Sembilan: Pulihkan Tweaks Registry Anda

Terakhir, pulihkan registry tweak yang anda punya. Itu berarti mengklik dua kali pada file .reg Anda yang memiliki setelan aplikasi atau tweak Windows yang tersimpan di dalamnya, dan mengulang ulang tweak registri yang tidak dapat Anda masukkan ke file .reg. Ingat, Anda mungkin perlu me-restart program yang dimaksud (atau restart komputer Anda sama sekali) agar tweak registri mulai berlaku.

Sekian Instalasi Windows Tanpa Kehilangan File, Pengaturan, dan Tweak Anda.Kalau ada yang ingin ditanya atau ditambahkan, silahkan ajukan lewat komentar.. Silahkan share kalau kiranya bermanfaat.

Terima Kasih..

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart