Perbedaan Media Penyimpanan HDD, SSD & SSHD

SSD, SSHD dan HDD adalah opsi yang bisa anda pilih sebagai media penyimpanan atau storage harddisk terbaik untuk membuat kinerja atau performa dari PC atau laptop Anda lebih baik dari sebelumnya. Namun masih ada yang awam dengan ketiga istilah itu, baik dari segi kegunaannya maupun perbedaan. Untuk lebih jelas, mari kita simak apa itu pengertian dan perbedaan masing-masing perangkat penyimpanan itu…

1. HDD (Hard Disk Drive) merupakan perangkat penyimpanan paling umum, generasi lama serta menggunakan teknologi yang tidak berubah sejak puluhan tahun lalu. HDD berbasis platter (piringan) dan berputar untuk menyimpan data, olehkarena itu akan cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak. Memutar dan membaca pad Platternya.

Ukuran : Paling Tebal (10-11mm)

Kecepatan : Paling Rendah 

Daya Tahan Baterai : Paling Tidak Efisien 

Ketahanan : Paling Rendah

Tingkat Kegagalan : Hampir Sama dengan SSD

2. SSD (Solid State Drive) merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD tidak memiliki komponen bergerak. SSD sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook High-End dan Server. Media penyimpanan ini menggunakan teknologi yang hampir sama dengan Flashdisk berkapasitas rendah. Hanya saja perangkat ini memiliki skala yang lebih besar dan efisien. Perangkat ini dapat bertahan dari benturan, terjatuh, dan suhu ektrem serta daya efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Ukuran : Paling Tipis (5/7mm)

Kecepatan : Hampir Sama Dengan SSHD

Daya Tahan Baterai : Paling Efisien

Ketahanan : Paling Tinggi

Tingkat Kegagalan : Hampir Sama dengan HDD

3. SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan perangkat penyimpanan hibrida yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.

Ukuran : Paling Tipis (5/7/9mm)

Kecepatan : Hampir Sama dengan SSD

Daya Tahan Baterai : Lebih Baik Dibandingkan dengan HDD, Tetapi Lebih Rendah Jika Dibandingkan dengan SSD

Ketahanan : Lebih Baik Dibandingkan dengan HDD, Tetapi Lebih Rendah Jika Dibandingkan dengan SSD

Tingkat Kegagalan : Paling Rendah

Kesimpulannya adalah perbedaan HDD, SSD, dan SSHD berada pada cara kerjanya. HDD bekerja dengan Platter yang berputar dan bergerak. SSD tidak memiliki komponen yang bergerak dan bekerja dengan Flash Memory. Sedangkan SSHD merupakan gabungan antara HDD dan SSD. Semoga bermanfaat!!!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart