Tips menangani serangan DDOS ( Denial of service )

Haiiii, Apakah Anda perrnah mengalami hal yang satu ini, dimana jaringan anda menjadi Error seketika. Untuk membantu anda menangani masalah tersebut mari kita simak terlebih dahulu Artikel kami yang satu ini. Sebelum itu saya akan menjelaskan apa itu DOS terlebih dahulu. DDOS atau Distributed Denial Of Service (DOS) yang banyak menggunakan host penyerangan baik itu menggunakan komputer untuk melakukan penyerangan atau komputer yang “Dipaksa” menjadi Zombie guna menyerang satu buah Host target dalam sebuah jaringan.

Baiklah langsung saja kita ke Intinya Ni Sobat :

1. Mengaktifkan Firewall pada komputer yang digunakan.

2. Install IDS (Intrusion Detection System)

3. Selalu tolak semua permintaan data pada UDP (User Datagram Protokol) situs anda.

4. Gunakanlah Linux pada komputer yang digunakan.

5. Hilangkan semua BUg dan celah yang terdapat di situs Anda.

6. Selalu memperbaharui sistem di situs Anda.

7. Selalu kontrol setiap ada IP terbaru dan IP yang mencurigakan.

8. Membuat tim khusus untuk mencegah dan mengatasi DDOS pada suatu Jaringan.

* Ketika mendapat serangan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan Langkah-langkah sebagai berikut :

1. Cari IP yang melakukan serangan. Ciri-cirinya adalah mempunyai banyak koneksi, muncul banyak IP dari satu jaringan.

2. Block IP tersebut sehingga tidak bisa melakukan serangan.

3. Lakukan Blocking terhadap IP yang mencurigakan, jika port anda termasuki maka komputer anda akan dikuasai. Cara mengatasinya adalah menggunakan Firewall di kombinasikan dengan IDS.

4. Menolak semua paket data dan mematikan service UDP. Selain itu gunakan Antivirus yang dimana dapat menangkal serangan data seperti Kapersky.

5. Lakukan Filtering pada permintaan ICMP (Internet Control Message Protokol) Echo pada Firewall.

* Untuk mengetahui Apabila terkena serangan dari DDOS :

– Anomaly, merupakan salah satu cara untuk mengetahui serangan DOS/DDOS dengan melihat Traffic Server.

– Signature Based adalah suatu metode mendeteksi DOS/DDOS dengan pencarian pola dari jaringan yang diamati, dan pencocokan signature serangan dilakukan dengan Database.

* Contoh jenis serangan sederhana DDOS Menggunakan Ping Of Death :
– Buka Command Prompt komputer Anda,. dengan mengetikkan Ping (target ip korban_nama host yang ingin diserang) -t – | 65500.

– Maka serangan tersebut akan berjalan terhadap korban.

* IDS (User Datagram Protokol) adalah salah satu Protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (Unreliable), tanpa koneksi (Connectionless) antara      host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

* ICMP (Internet Detection System) adalah sebuah sistem yang melakukan pengawasan terhadap traffic jaringan dan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang mencurigakan didalam sebuah sistem jaringan.

* ICMP (Internet Control Message protocol) Adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.

Baiklah itu saja dari saya, semoga Artikel saya yang satu ini dapat memberikan Manfaat untuk kita semua. Sekian dan Terimah kasih.

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart