Windows 10

Gan, kali ini penulis mau share artikel tentang Windows 10.

Windows Terbaru telah resmi diperkenalkan Microsoft sebagai penerus dari Windows 8/8.1.
Yakni Windows 10, sepertinya microsoft ingin sesuatu yang berbeda karena melompati angka 9 sebagai penerus sistem operasi yang terdahulunya.

Sistem operasi Windows 10 ini akan menjadi sebuah sistem operasi yang menggantikan semua versi Windows yang ada saat ini, sebut saja Windows Phone, Windows 8/8.1, Windows RT, dan Xbox OS. Windows 10 hadir dengan sejumlah perbaikan dari Windows 8/8.1 dan didukung dengan banyak fitur baru untuk meningkatkan kinerjanya.

Sistem operasi dari Microsoft yang belum lama ini rilis di publik kebanyakan masih ragu untuk memakainya.
Tapi bagi agan yang sudah memakai ataupun mau migrasi dari sistem operasi sebelumnya bisa memakai beberapa trik ini.

Dari beberapa trik yang akan penulis berikan ke agan sekalian, bisa juga dipakai sistem operasi sebelumnya di Windows 8 / 7, dan itupun mungkin dengan cara berbeda,
So, langsung saja penulis jabarkan trik apa saja yang wajib agan ketahui.

Menjalankan program dari taskbar

Menjalankan aplikasi menjadi lebih mudah dengan program yang sudah agan Pinned di taskbar, cara memanggilnya pun cukup mudah dengan menekan tombol logo Windows pada keyboard disertai angka dari no 1-9 yang sesuai urutan program yang sobat pin ditaskbar.

Membuka jendela Windows Explorer dari beberapa halaman
Cara cepat untuk berpindah jendela ketika banyak jendela Windows Explorer sobat jalankan, cukup dengan menekan tombol logo Windows + Shift pada keyboard disertai angka dari no 1-9 sesuai dengan urutan pada taskbar.
Membuka CMD (Command Prompt) pada spesifik folder
Agan bisa membuka perintah cmd dengan spesifik folder tertentu dengan klik kanan pada folder yang akan dituju dan  pilih Open command window here
 

Merubah default menu Send To

Bagi agan yang mau merubah default menu send to ketika anda mengklik kanan file maupun folder bisa dengan mengetik shell:sendto pada address bar di jendela Windows Explorer.

Tombol Start
Di Windows 8, tombol start hilang dan pengguna pada awalnya kebingungan harus mencari dimana aplikasi yang mereka tuju.
Kehadiran Start Menu di Windows 10 merupakan sebuah tanggapan yang sangat bagus dari Microsoft karena banyak yang mengeluhkan hilangnya start menu, dengan ini semua aplikasi yang diinginkan ada dalam satu menu dan mematikan komputer menjadi semudah biasanya.
Mode Continuum
Di Windows 10, Microsoft tidak sepenuhnya menghilangkan antar muka start screen.
Di Windows ini masih ada start screen bagi pengguna yang memasang Windows 10 di perangkat 2 in 1, laptop dan tablet hybrid komputer.
Fitur ini bekerja berdasarkan bagaimana kebiasaan pengguna dalam menggunakan perangkatnya.
Maka, jika ada yang memiliki Surface Pro 3, contohnya, Windows 10 akan berjalan pada mode tablet, memaksimalkan start screen.
Pasangkan tambahan keyboard Surface, maka Windows 10 akan kembali ke mode desktop.
Aplikasi Store
Seperti halnya di android adanya tempat download aplikasi yang bernama Playstore.
Di Windows 10 pun akan dihadirkan store yang membuat pengguna Windows akan lebih mudah mendapatkan software yang dibutuhkan dan tentunya sudah disertifikasi oleh Microsoft sendiri.
Multi Desktop
Antar muka start screen memang bagus bagi tablet.
Namun, sepertinya Microsoft ingin pengguna desktop dan laptop untuk berinteraksi dengan start screen walau pun komputer yang dimiliki tidak punya fitur layar sentuh.
Di Windows 10 telah mengembalikan desktop sehingga langsung terlihat begitu komputer dinyalakan.
Dengan ini menciptakan desktop untuk tujuan dan proyek yang berbeda dengan masing-masing desktop yang dapat dialihkan dengan mudah dan lanjutkan apa yang Agan tinggalkan.
Multitasking

Adanya tombol baru yang lebih sederhana dibentuk dalam tampilan Task View pada taskbar untuk beralih cepat antara aplikasi-aplikasi yang terbuka dan akses cepat ke setiap desktop yang Anda buat.

Adanya Fitur Snap

Fitur Snap di Windows 8 memungkinkan pengguna memindahkan aplikasi ke sisi kiri dan kanan layar.
Hanya saja di Windows 10, yang bisa disimpan di sisi kiri dan kanan layar tidak hanya aplikasi tapi juga program biasa.
Windows akan menampilkan aplikasi dan program lainnya yang sedang berjalan untuk snapping tambahan dan juga membuat saran cerdas untuk mengisi ruang layar yang tersedia dengan aplikasi lain yang terbuka.

Pencarian yang lebih cepat
File Explorer sekarang menampilkan berkas-berkas baru Anda dan folder yang sering dikunjungi, membuat pencarian berkas yang Anda sedang atau telah kerjakan lebih mudah bukan hanya itu kolom search ini juga bisa digunakan 3 jenis pencarian sekaligus yaitu untuk pencarian file atau data di dalam komputer atau melakukan pencarian langsung ke internet.
Itulah beberapa fitur windows 10. Keren yahh?
Boleh langsung di praktekin bagi yang sudah punya / memakai windows 10

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart