Install Windows 7 Pada Partisi GPT + UEFI

Tutorial Cara Install Windows 7 Pada Sistem UEFI dan Harddisk Berpartisi GPT

Tutorial ini membahas cara untuk install Windows 7 pada Laptop/PC yang menggunakan UEFI Bios. Untuk Laptop baru yang FreeDos ataupun yang ingin Dual-Boot Windows 8/8.1 dengan Windows 7 ataupun downgrade dari Windows 8/8.1 ke Windows 7 tanpa harus menghapus seluruh partisi harddisk.

Disini akan dijelaskan mengapa harus menginstall Windows 7 pada partisi GPT, bukankah dapat di install Windows 7 pada partisi MBR. Alasannya dikarenakan pada laptop yang bersistem UEFI, dan sudah di install Windows 8/8.1 (pre-installed) menggunakan partisi GPT.

Seperti yang dialami penulis saat menginstall Windows 7 pada Notebook Lenovo G40-30. Ketika menginstall Windows 7 pada Notebook Lenovo G40-30, yang FreeDos, Maka Anda boleh saja menghapus semua partisi dan membuat partisi yang baru untuk Windows 7. Dikarenakan pada waktu pre-installed FreeDos, partisi harddisk tersebut masih menggunakan partisi MBR. Tetapi bagaimana dengan yang pre-installed Windows 8/8.1 istilahnya Windows ORI/Asli?
Caranya hanya 2 option.

  • Yang pertama, Anda backup dulu semua data Anda (Jika ada data) dan hapuskan semua partisi dan convert kan partisi HDD tersebut dari GPT menjadi MBR.
  • Kedua, dengan membuat installer Windows 7 UEFI+GPT pada USB Flashdisk atau USB Harddisk.

Disini, penulis akan membahas option kedua, dikarenakan penulis menginstall Windows 7 pada Notebook Lenovo G40-30 yang mempunyai data penting dan tidak ingin diganggu gugat. Maka dari itu, penulis membahas bagaimana membuat installer Windows 7 GPT+UEFI di USB Flashdisk/Harddisk.

1. Download dan Gunakan Utility Rufus

Tools ini membolehkan Anda untuk install Windows 7 ke dalam partition GPT.

 Setelah download, buka tools tersebut.

 Pilih option GPT Partition Scheme For UEFI Computer dan load ISO Windows 7.
Note : Windows 7 harus versi 64 BIT. Karena UEFI GPT hanya support Windows 7 64 BIT, versi 32 Bit tidak support.

 Pilih File System menjadi FAT 32. Karena untuk sistem UEFI, hanya FAT 32 yang bisa dikenali oleh sistem UEFI dan berjalan di sistem UEFI.

 Setelah itu, load ISO Windows 7 x64 dengan option ISO Image.

 Sesudah load ISO Windows 7 , Click tombol Start untuk memulai proses pembuatan installer.

 Tunggu sehingga proses setup USB Installer Windows 7 selesai.

 Setelah selesai, maka akan muncul notifikasi sudah selesai. Dan cabutlah USB Flashdisk tersebut dan colok ke Laptop yang mau diinstall.

 Hidupkan Laptop, dan masuk ke BIOS sistem UEFI dan pilih boot pertama UEFI : USB Generic Flashdisk, atau berdasarkan nama Flashdisk Anda.

 Setelah boot dari USB Flashdisk, maka installer Windows 7 akan berjalan seperti biasa dan Anda dapat menginstall pada partisi GPT.

Sekian dan Terima Kasih.

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart