Memasang Processor dan Heatsink Fan

Memasang processor pada mainboard adalah salah satu bagian yang pasti dilakukan ketika merakit sebuah komputer. Bagi para pemula di bidang teknisi komputer atau anda yang tidak terbiasa melakukan bongkar pasang perangkat keras komputer, tentu hal ini bukan pekerjaan mudah, meskipun sebenarnya adalah pekerjaaan yang sangat mudah.
Namun, meskipun memasang processor ke motherboard merupakan pekerjaan mudah, tapi harus dilakukan secara benar dan hati-hati. Karena sedikit melakukan kesalahan saja, maka akan terjadi kerusakan fatal pada processor. Padahal, seperti kita tahu bahwa processor merupakan komponen komputer yang paling penting dan harganya juga lumayan mahal.
Karena itu, artikel memasang processor ke motheboard ini dibagikan di sini untuk membantu teman-teman yang selama ini tidak terbiasa namun mencoba untuk bisa merakit komputer atau memperbaiki komputer sendiri di rumah.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Persiapkan Prosesor.
2. Ambil prosesor dan perhatikan lekukan yang terdapat di kedua sisi prosesor. Tanda tersebut sebagai panduan memasang prosesor yaitu dengan mencocokan dengan tanda yang ada di socket motherboard.
Perhatikan lekukan di kedua sisi prosesor
3. Bukalah pengait socket processor pada motherboard.
4. Pasang prosesor pada socket kemudian kunci kembali.
5. Gunakan pasta prosesor untuk mengurangi panas yang dihasilkan prosesor. (Wajib)
6. Pasanglah kipas di atas prosesor dengan mencocokan ke empat kaki yang terbuat dari plastik warna putih dengan empat lubang yang ada di motherboard. Untuk mengunci kipas tersebut tekan ke empat kepala pengunci dengan tangan sehingga akan mengunci otomatis. Pastikan posisi kipas tidak miring.
Nah itu adalah Panduan Bagaimana Memasang Processor dan Heatsink. Pada artikel ini menggunakan processor LGA775. Setiap processor memiliki arsitektur tersendiri sehingga anda perlu memperhatikan secara seksama bentuk processor yang akan anda pasang. Pastikan bahwa posisi processor sudah pas degan soket yang ada pada mainboard. Apabila memang sudah pas, tanpa di tekanpun maka processor akan masuk ke soket, namun jika belum pas processor tidak akan masuk dan jangan mencoba untuk memaksanya. Hal ini akan merusak kaki-kaki atau pin yang terdapat pada processor.

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart