Mengaktifkan NVIDIA Graphic pada Laptop Dual Graphic Card

Pembahasan kali ini ialah tentang Nvidia Optimus. Siapa yang tidak mengenal Nvidia. Perusahaan raksasa ini telah populer dikalangan masyarakat dari segi ekonomi maupun segi bisnis entrepreneur. Kini, telah dihadirkan fitur baru yaitu Nvidia Optimus. Disini, Teknody akan membahas sekilas apa itu sebenarnya Nvidia Optimus dan fungsinya.

Banyak orang yang sering bingung hingga protes ketika membeli laptop yang disertai Graphic Card NVIDIA tetapi tidak bisa digunakan. Cek di Dx Diag (DirectX Diagnostic Tool) pun hanya terdeteksi hanya Intel HD Graphic. Apakah NVIDIA tersebut hilang? Atau jangan-jangan rusak? Tentu saja tidak hal ini terjadi karena adanya fitur NVIDIA Optimus.

Apakah itu NVIDIA Optimus? Sistem yang diciptakan oleh NVIDIA untuk mengoptimalkan kinerja graphic pada laptop yang berefek pada ketahanan baterai. Ketika laptop hanya melakukan pekerjaan ringan (low task) seperti browsing maka NVIDIA graphic akan di nonaktifkan dan integrated graphic (Intel HD Graphic) yang bekerja. Sebaliknya jika laptop melakukan pekerjaan berat (heavy task) secara otomatis NVIDIA Graphic akan aktif.

Dengan sistem ini diharapkan baterai memiliki ketahanan lebih lama (konsumsi daya lebih hemat) pada laptop yang mempunyai 2 graphic (Intel dan NVIDIA). Jika NVIDIA graphic diaktifkan terus maka konsumsi daya yang dibutuhkan bertambah besar dan secara otomatis konsumsi baterai lebih boros.

Adakah cara untuk mengaktifkan NVIDIA Graphic Card secara permanen?

Kalau anda merasa kinerja Intel HD Graphic terlalu lemah dan mencari cara supaya notebook anda selalu menggunakan video card NVIDIA (Jadi tidak menggunakan NVIDIA Optimus lagi) maka jawabannya tentu saja bisa dan caranya sangat simple. Disarankan selalu mencolokkan adaptor agar kinerja GPU NVIDIA lebih maksimal.

Contoh gambar menggunakan laptop type Dell 5420 Graphic Card= Intel HD 4000 dan NVIDIA GT630m dan sistem operasi Windows 7.

  1. Pastikan driver Nvidia sudah terinstal dengan baik, cek di device manager jika diperlukan.
  2. Setelah itu klik kanan pada desktop kemudian masuk NVIDIA Control Panel.
  3. Masuk di Manage 3D, kemudian pada Global Settings , Preferred graphics processor rubah ke High performance dan Apply untuk mengaktifkan NVIDIA secara permanen.

Note : Hal ini tidak merubah hasil informasi display di DirectX Diagnostic Tool.

Apabila tetap ingin menjalankan sistem NVIDIA Optimus, pengaktifan NVIDIA bisa dilakukan secara manual. Pada program yang ingin di jalankan klik kanan kemudian di pilihan Run with graphic processor pilih High performance NVIDIA processor, seperti pada gambar.

Sekilas pembahasan berikut. Semoga Bermanfaat !

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart