Mengatasi Masalah Cartridge

Jika anda masih menggunakan printer yang masih menggunakan catridge, baik itu merk printer canon, printer hp ataupun printer lain yang sejenis setelah 1 kali isi ulang cartrdige akan sedikit bermasalah, dan masalah yang sering terjadi ialah hasil print yang bergaris tidak merata. Jika terjadi masalah seperti itu tidak perlu panik karena bisa jadi catridge printer tersumbat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan catridge tersumbat sehingga hasil print tidak sempurna alias bergaris, hal ini biasanya paling sering di temui pada printer canon untuk beberapa tipe printer. sebelum tahu mengatasi hasil printer yang bergaris ada baiknya mengetahui penyebabnya dulu.

Penyebab Hasil Print yang Bergaris karena Cartridge Tersumbat antara lain :

a) Printer Jarang di Gunakan

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, printer pun sama jika anda jarang menggunakan bukan berarti malah awet karena yang sering terjadi malah muncul masalah baru pada printer yang salah satunya ketika di gunakan ngeprint hasilnya bergaris, hal ini terjadi karena tinta yang ada dalam catridge mengendap dan menggumpal sehingga pada akhirnya catridge printer menjadi tersumbat dan tidak berjalan seperti normal.

b) Penggunaan Catridge yang Tidak Wajar (Hanya dominan menggunakan 1 warna)

Hal ini juga bisa mengakibatkan catridge tersumbat, karena meskipun printer digunakan terus menerus, akan tetapi hanya menggunakan salah 1 warna saja semisal warna hitam terus sedangkan catridge warnanya tidak pernah digunakan. Jika itu dibiasakan dalam jangka waktu yang lama maka catridge yang tidak pernah di gunakan dalam contoh hal ini catridge warna akan mengendap dan pada akhrinya catridge tersumbat.

Langkah Mengatasi Hasil Print yang Bergaris karena Cartridge Printer yang Tersumbat

Untuk mengatasi masalah cartridge yang tersumbat ini sebenarnya cukup simple dan saya kira mudah untuk di praktekkan

  1. Copot catrid tinta printer anda, kemudian siapkan air panas/hangat di dalam wadah (bisa gelas/sejenisnya)
  2. Lalu catridge tadi rendam ujung head dengan air hangat tadi selama beberapa menit (sekitar 10-20 menitan), maka biasanya akan keluar semua tinta yang ada di dalam catridge dan akan keluar juga gelembung-gelembur udara pada lubang catridge.
  3. Setelah dirasa sudah tidak ada tinta lagi yang sisa di dalam catridge, angkat catridge tadi dan tempel ujung Head catridge dengan tissu, agar cepat kering (bersihkan).
  4. Diamkan beberapa saat hingga dirasa, catridge sudah bersih dan kering.
  5. Jika dirasa catrdge sudah kering, kini saatnya anda isi dengan tinta dan siap untuk di coba
  6. dan jika berhasil, maka hasil print akan kembali normal tidak bergaris lagi.

Namun jika cara diatas tidak berhasil, dan hasil print masih tetap bergaris, anda bisa melakukan deep cleaning

Jika printer anda sedang memiliki masalah dengan tintanya, cobalah anda belajar bagaimana deep cleaning printer agar dapat mengatasinya sendiri. Belajar sesuatu yang baru tidak akan membuat anda merasa percuma karena akan berguna suatu hari nanti. Berikut beberapa tahap yang dapat anda pelajari dan kemudian coba praktekkan di rumah. Pertama-tama, anda perlu cek satu persatu bagian printer anda seperti selang infus, L-knee, karet nepple, lubang infus pada cartridge, bahkan cartridge itu sendiri. Untuk selang infus, L-knee dan karet nepple, anda perlu menggantinya bila terjadi kerusakan atau kecacatan sedangkan untuk cartridge, apabila ada bagian yang pecah, anda dapat memperbaiki atau lem agar tertutup. Untuk L-knee, alangkah baiknya bila anda tidak mengelem L-knee pada cartridge.

Bila anda telah mengecek segala perangkat yang berhubungan dengan printer dan tintanya, langkah berikut dalam deep cleaning printer adalah menghilangkan rongga udara dalam infus tinta printer terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang dapat anda pelajari dan praktekkan. Yang pertama adalah menggunakan aplikasi cleaning bawaan dari driver printer. Langkah ini praktis karena telah tersedia di aplikasi printer anda. Namun, perlu anda ketahui bahwa anda perlu melakukan langkah ini berulang-ulang terlebih bila rongga udara pada selang terlalu panjang. Langkah berikutnya yang dapat anda terapkan adalah dengan menggunakan suntikan. Suntikan tersebut anda sambungkan ke dalam selang dengan melepas L-knee pada cartridge, oleh karena itu kami sarankan anda untuk tidak mengelem L-knee pada cartridge terutama bila anda menggunakan cara ini. Setelah anda lepas, anda sambungkan suntikan anda dengan bagian yang anda lepas tersebut dan menyedot habis rongga udara yang ada di selang. Cara ini aman dan cepat bagi anda yang telah menguasai dan berpengalaman.

Jika masih belum berhasil, coba sedot tinta di cartridge anda, apakah ada tinta yang keluar ?
Jika ya, maka cartridge sudah bisa digunakan, jika tidak, coba lakukan langkah berikut.

Mencetak dokumen pada lembar kerja di ms word memang sangat mudah, akan tetapi jika printer sudah terlalu sering digunakan dan kondisi cartridge printer yang sudah mulai rusak, maka hasil dari cetakan akan menjadi kurang bagus dan kadang bergaris-garis pada lembar kerja. Untuk mengatasi hasil cetakan printer yang bergaris biasanya saya melakukan cleaning terlebih dahulu terhadap printer, dan jika cara tersebut masih kurang manjur biasanya saya akan merubah pengaturan kualitas cetakan yang lebih tinggi agar hasil cetakan menjadi lebih bagus meskipun dengan mencetak dokumen dengan kualitas tinggi akan memperlambat kerja untuk mencetak.

Mencetak dokumen dengan kualitas tinggi biasanya digunakan untuk mencetak foto, gambar atau dokumen yang memerlukan tingkat ketelitian hasil cetakan yang lebih, sehingga hasil cetakan dapat terbaca dengan sangat baik. Untuk mencetak dokumen dengan kulitas tinggi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen ms word yang akan dicetak
  2. Langkah kedua, tampilkan printer option dengan mengeklik office button pada pojok kiri atas dan pilih print. Atau anda bisa langsung klik CTRL + P pada keyboard untuk menampilkan jendela print.
  3. langkah ketiga, setelah jendela print terbuka klik properties

  4. Langkah selanjutnya jika jendela properties sudah terbuka.
  5. Pada print Quality pilih high untuk mencetak dokumen dengan kualitas tinggi.
  6. Pada menu commonly used setting:
  7. Jika anda ingin mencetak dokumen dengan bentuk text maka pilih saja pilihan standar
  8. Jika anda akan mencetak dokumen dengan banyak gambar atau anda ingin mencetak foto, maka pilih photo printing.

Jika setelah anda menggunakan langkah diatas, tetapi hasil cetakan tetap kurang maksimal, maka anda harus mengganti cartridge baru.

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart