Shutdown Lebih Cepat dengan Bersihkan Page File

Windows menggunakan paging file, juga dikenal dengan page file, sebagai memori virtual tambahan ketika memory RAM penuh. Windows akan membersihkan page file setiap proses Shutdown, memastikan tidak ada data sensitif yang disimpan sehingga dapat akses dengan melepaskan Hardisk dan memeriksa Paging file. Tetapi jika Hardisk Komputer/Laptop Anda telah terenkripsi dan tidak begitu mungkin untuk di eksaminasi oleh orang lain. Mungkin Anda dapat menonaktifkan fitur membersihkan paging file ketika Shutdown, karena hal itu dapat mempercepat proses Shutdown.

Solusi : 

1. Windows Home Edition

    Langkah :

    1. Tekan Windows+R dan ketik “regedit”

    2. Navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management
    3. Cari “ClearPageFIleAtShutdown”. Jika tidak ada, maka klik pada Folder Memory Management dan pilih New>DWORD (32-bit) Value, berikan nama “ClearPageFileAtShutdown”. Jika ada maka klik dua kali pada “ClearPageFileAtShutdown” dan berikan value data 0.
    

2. Windows Pro & Enterprise Edition

    Langkah :

    1. Tekan Windows+R dan ketik “gpedit.msc”

    2. Navigasi ke Local Computer Policy > Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options folder

    3. Cari Shutdown: Clear virtual memory pagefile dan double klik pada file Policy itu

    4. Di Tab Local Security Setting, pilih Disabled dan OK

    

Dengan menonaktifkan fitur bersihkan pagefile pada setiap shutdown maka data sensitif yang ada pada pagefile akan tetap berada diHardisk, sehingga kita perlu untuk menengkripsi Hardisk kita dengan Password key untuk memastikan data sensitif itu tidak bisa diakses oleh orang lain. Sekian tentang artikel hari ini. Semoga bermanfaat!!!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart