Benarkah ReadyBoost Bisa Mempercepat Peforma Komputer

Sejak dirilisnya windows vista, microsoft memperkenalkan sebuah fitur baru yang disebut Readyboost. Fitur ini dikatakan bisa mengoptimalkan dan mempercepat kinerja dari komputer kita. Tetapi sebenernya apa kalian tahu pasti apa kegunaan dari readyboost ? sebelum masuk ketopik saya akan menjelaskan apa itu readyboost, ready boost adalah fitur disc cache windows yang memanfaatkan flash memory seperti usb, micro sd card atau mungkin ssd internal untuk meningkatkan performa pc. 

 

Readyboost bekerja selaras dengan superfetch. SuperFetch akan memonitor program yang berjalan dan secara otomatis menyimpan berbagai file dan libraries aplikasi tersebut ke dalam RAM. Karena kecepatan ram lebih tinggi daripada harddisk, maka saat dijalankan aplikasi tersebut akan berjalan lebih cepat. RAM akan terpakai dengan optimal karena ram yang kosong akan diisi dengan cache aplikasi yang digunakan. Readyboost memiliki cara kerja yang sama persis, hanya saja tidak menyimpan cache di dalam RAM melainkan di dalam usb tadi. Jika kamu menghubungkan flashdisk dengan pc dan mengaktifkan readyboost, maka windows akan menyimpan data dari superfetch ke flashdisk sehingga memory menjadi kosong dan dapat digunakan untuk proses lainnya. 

 

Lalu benarkah bahwa readyboost dapat mempercepat komputer kita ? Meskipun secara teoristis readyboost dapat bisa membuat komputer berjalan lebih lancar, namun ada batasan batasan yang ditentukan. Readyboost bisa mempercepat komputer jika; 

1. Harddisk Komputer Berkecepatan Rendah 

Jika harddisk memiliki kecepatan rendah ( Dibawah 7200 RPM ) maka peningkatan peforma akan sangat terasa. Namun jika harddisk 7200 – 10000 RPM Peningkatan ini tidak akan terasa, apalagi kamu menggunakan ssd yang kecepatanna diatas dari flash memory, malahan akan menurunkan peforma pc kamu.

 

2. Flashdisk Yang Digunakan Memiliki Kecepatan Yang Tinggi

Setiap flashdisk memiliki kualitas dan kecepatan yang berbeda beda, Flashdisk yang biasanya dijual murah biasanya memiliki kecepatan yang rendah dan tipe ini biasanya tidak cocok dengan readyboost.

 

3. Jumlah RAM Pc Terbatas 

Efek readyboost juga akan terasa jika kamu menggunakan ram yang terbatas. Misalnya saja windows 7 dengan ram 1Gb saat direadyboost akan terasa perbedaanya daripada menggunakan ram 4Gb

 

Nah itu tadi beberapa pengetahuan yang dapat saya sampaikan tentang software readyboost ini, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Sekian dulu artikel dari saya, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpaa…….

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart