Menjepit Kabel LAN Dan Posisi Susunan Warna Kabel LAN

Kabel LAN / UTP adalah sebuah jenis kabel komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router,dan juga bisa digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain.Tetapi masih banyak orang yang belum bisa membuat kabel LAN sendiri (D.I.Y) karena masih banyak yang belum tahu cara mengurutkan warnanya , cara mengkrimping,dan juga memasukan kabel ke kepala RJ45.Di artikel kali ini saya akan memberi tahu cara membuat kabel LAN sendiri (D.I.Y) , tetapi sebelum kita masuk ke cara proses pembuatannya, kita harus terlebih dahulu tahu alat- alat dan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kabel LAN.

Nah , dibawah ini adalah beberapa alat dan bahan yang di butuhkan dalam menjepit kabel LAN , Yaitu;
1.Tang Crimping adalah alat yang digunakan untuk menjepit kabel dengan kepala RJ45. Pastikan kita menggunakan tang krimping yang khusus untuk menjepit kabel LAN dengan RJ 45 dan juga memiliki presisi yang sangat kuat.

 

    


 2.Kabel UTP adalah kabel komputer yang jika dibuka pelindungnya terdapat 8 warna yang berbeda,yaitu putih-orange, putih-biru, putih-hijau, putih-coklat, coklat, biru,orange, dan hijau.

 

3.Kepala Rj 45 adalah suatu alat yang di pasangkan pada ujung kabel LAN yang gunanya sebagai ujung konektor yang menyambungkan komputer dengan router.

 

   4.Lan Tester adalah alat yang digunakan untuk mengetes apakah kabel LAN telah siap dipakai atau tidak.


    Sekarang kita masuk kedalam cara cara menjepit kabel LAN , yang pertama kali yang harus dilakukan  yaitu ;

1.Gunting pelindung kabel hingga terlihat warna kabel yang ada didalamnya, kemudian pisahkan seperti pada gambar dibawah.

                     

2.Setelah kita buka pelindung kabel, urutkan kedelapan warna tersebut,seperti pada gambar dibawah ini. 

  

  • Putih Orange – Orange
  • Putih Hijau – Biru 
  • Putih Biru – Hijau 
  • Putih Coklat – Coklat

3.Masukan kabel yang telah diurutkan tadi ke kepala RJ 45 dengan cara straight , lakukan persis pada gambar dibawah ini ,dan jangan sampai kabel terlilit/selang oleh warna kabel yang lain,dan pastikan pin tembaga dari ke dua ujung kabel dapat terlihat yahhhh 

 

4.Setelah selesai memasukan kabel ke kepala RJ 45 , langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjepit kepala RJ45 dengan tang krimping , masukan RJ 45 ke dalam lubang yang ada di tang krimping , lalu rapikan dan pastikan sekali lagi kabel sudah terpasang dengan benar, lalu jepit RJ 45 dengan tang krimping.

5.Setelah langkah – langkah diatas telah dilakukan langkah terakhir yang tidak kala penting adalah kita harus mengetes apakah kabel LAN telah layak dipakai atau tidak dengan cara menggunakan LAN tester.Menggunakannya sangat mudah kita hanya perlu memasukan kedua kepala konektor tadi yang telah terpasang dengan kabel LAN dan lihat apakah semua warna lampu pada LAN tester menyala dari paling atas sampai paling bawah, jika tidak berarti ada yang salah dari kabel LAN yang telah dibuat tadi,Ulangi kembali tahap – tahap diatas dan pastikan lebih teliti lagi saat mencocokan warna kabelnya.

 

Itu tadi artikel dari saya , semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.Sekian dulu artikel untuk kali ini , semoga ini dapat membantu kalian semua . Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih dan Sampai Jumpa…

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×
×

Cart