Merubah IP Address Menjadi Nama Domain di Mikrotik

Kali ini, Teknody akan membahas cara agar kita dapat merubah IP address alamat kita menjadi sebuah nama domain di Mikrotik. Di karenakan kita ada hotspot jaringan di Mikrotik. Terkadang ada client user yang mengeluh setiap ingin logout harus memasukkan alamat IP address ke website. Sedangkan mereka tidak menghafal alamat IP address tersebut karena ribet. Maka karena itu kita harus membuat sebuah nama domain agar mereka bisa log in atau log out dengan mudah. Seperti pada gambar berikut :

 

Perhatikan pada address bar, mengapa alamat yang tampil bukan IP address gateway mikrotik? Jawabannya ialah karena alamat tersebut sudah tergantikan oleh nama DNS / Nama Domain gateway Mikrotik.

Sebelum kita memulai setting, ada baiknya kita harus memahami apa itu Domain Name System / DNS.

Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang berbasis distibute database dan digunakan untuk mencariname resolution di dalam jaringan. Selain itu DNS juga digunakan untuk menerjemahkan nama domain ke sebuah ip address.

Dalam Implementasinya DNS memerlukan program client yang dapat menghubungkan setiap komputer dengan server DNS. Program ini dikenal dengan nama resolverResolver ini akan mengirim request ke name server berupa queris.

Name server akan mengirim permintaan ke local database DNS. Jika request yang diinginkan tidak ada maka akan dilihat file database dimain yang dimiliki server. Jika masih tidak ditemukan, server akan menghubungi server DNS lain.

Lalu apa hubungannya DNS dengan mikrotik. Pada kasus kali ini sebenarnya tidak sedetail atau tidak serumit yang dibayangkan. Artikel kali ini akan lebih tertuju pada Merubah IP Address Menjadi Nama Domain di Mikrotik yang nantinya akan mempermudah kita ketika hendak login ataupun log out.

Beberapa orang mungkin pernah mengalami ketika hendak login hotspot tetapi halaman login page yang ditunggu  tunggu tidak kunjung muncul. Ketika hal ini terjadi, seringkali kita langsung mengetikkan ip gateway dari hotspot tersebut untuk segera bisa membuka login page. Misalnya alamat gateway hotspot A adalah 192.168.32.1. Maka tinggal ketikkan IP tersebut di browser maka secara otomatis login page akan terbuka. Akan tetapi tidak sedikit orang merasa malas menggetikkan IP address, mereka lebih suka mengetikkan nama domain. Nah untuk itu mikrotik bisa merubah ip tersbut ke nama domain. Selain itu bisa juga untuk sarana pemasaran (bagi yang mengomersialkan hotspotnya), misalkan : diarta.net (pemilik dari ISP Diarta net)

Untuk mengubah nama dimain di mikrotik tidak lah sudah. Berikut ini adalah cara untuk setting dari IP address ke Nama Domain :

1. Jalankan Winbox dan login

2. Masuk ke IP >> Hotspot >> Server Profiles

Name : diganti sesuai keinginan Anda
Hotspot address : isikan ip gateway hotspot Anda
DNS name : isikan nama dns yang Anda inginkan. PENTING, nama yang tertera harus domain seperti teknody.com, hotspot-teknody.com, hotspot-teknody.net
HTML directory : directory login page yang akan diload ketika pertama kali Anda masuk

3. Sekarang menuju ke IP >> DNS

Ubah urutan DNS, yang utama diletakan diurutan paling atas. Usahakan DNS yang terhubung ke jaringan Internet di urutas paling atas.

Setup pun selesai, dan sekarang kita dapat melihat hasilnya ketika pertama kali login hotspot. Sekarang jika anda ingin login ataupun logout, maka tampilan yang tertera bukan lagi ip address. Melainkan nama domain Anda. Sekilas pembahasan berikut. Semoga bermanfaat !!!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart