Perbaiki Read-Only Memory Card

Memory Card (Kartu Memori) memang sangat nyaman dan serba guna dalam hal menyimpan dan memindahkan data dari satu PC ke PC yang lain. Tetapi, kadang memory card yang kecil itu pun akan terjadi masalah, seperti terkunci dalam mode Read-only dan tidak terdetek oleh PC. Mengapa hal itu bisa terjadi??? Ada 2 kemungkinan, antara write-protection tab yang tidak sengaja dinyalakan atau memory card telah rusak. Sebelum putus asa, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk benerin… Let’s hope!!!

Sample : Windows XP

Solusi :

1. Konekkan Kartu Memori Write-Protected ke PC Anda

2. Buka Windows XP dan menuju ke Start>Run. Ketik”Regedit” dikolom Run dan Tekan tombol Ok

3. Klik File pada menu dan klik Export. Lalu pilih Desktop dan klik Save. Langkah ini akan Backup Registry Anda ke Desktop untuk antisipasi dan bisa di Restore kembali Registrynya jika terjadi kesalahan pada proses settingan selanjutnya.

4. Buka halaman Registry dan navigasi ke “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies.”

5. Klik kanan pada file Write Protect dan pilih Modify. Set Value Data ke 0 dan klik tombol OK

6. Navigasi lagi ke “ControlSet001/Control/StorageDevicePolicies.” Klik kanan pada Write Protect dan pilih Modify. Set Value Data ke 0 dan klik tombol OK

7. Setting lagi “ControlSet002/Control/StorageDevicePolicies.” Klik kanan pada Write Protect dan pilih Modify. Set Value Data ke 0 dan klik tombol OK

8. Tutup Registry Editor dan Reboot PC Anda

Sebelum mencoba, pastikan Anda mengikuti Langkah 1-3 diatas untuk backup Registry di PC sebagai antisipasi. Settingan yang salah pada Registry akan menyebabkan System Error yang fatal. Selamat mencoba!!!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart