Perbedaan Mode Bridge, Router dan SOHO Router

Mode Bridge, Router dan SOHO (Small Office Home Office)  Router adalah tiga macam mode topologi jaringan yang sering di setting di Router Outdoor CPE, biasanya berupa CPE Ubiquiti ataupun TP-Link yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Masing-masing mode memiliki fungsi yang hampir sama tetapi ada sedikit perbedaan. Fungsi yang sama adalah sama-sama bisa digunakan untuk keperluan membagi dan mengatur jaringan. Sedangkan perbedaannya adalah berikut :

1. Bridge

Bridge secara harfiah bisa diartikan sebagai jembatan yang berfungsi sebagai perantara. Fungsinya bisa berupa pengabungan jaringan-jaringan kecil menjadi suatu jaringan yang besar (LAN) ataupun pemecahan jaringan LAN yang besar menjadi bentuk jaringan LAN yang lebih kecil. Di mode ini, router akan mengkonek sebuah LAN ke LAN yang lainnya dengan menggunakan protocol/IP Address yang sama atau dengan kata lain hanya satu protocol/IP Address yang digunakan.

Contoh :

Perusahaan Baju memiliki sebuah server utama di gedung A. Perusahaan Baju itu juga memiliki 3 cabang kantor lagi di gedung B, C dan D. Untuk membuat sebuah jaringan lokal di empat gedung itu, dimana berpusat pada satu server yaitu server yang berada di gedung A, maka disettinglah mode Bridge pada router untuk menyambungkan Jaringan internet ataupun membentuk suatu LAN (Local Area Network) antar setiap gedung serta komputer yang ada dimasing-masing gedung itu.


2. Router

Router bisa juga berfungsi seperti bridge yaitu sebagai penghubung antar dua jaringan LAN ataupun fungsi lainnya yakni menghubungkan jaringan internet dan komputer dengan ISP (Internet Service Provider) yang sama. Mode router bisa menggunakan lebih dari satu IP Address, tergantung jumlah pengguna yang terkonek ke Perangkat.

Contoh :

Ada sebuah rumah yang memasang internet dari salah satu ISP (Internet Service Provider), setelah terdaftar dengan ISP. Untuk meneruskan akses internet tersebut, diperlukan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai router, yang akan meneruskan rute jaringan internet ke Komputer/Device yang ada dirumah tersebut.


3. SOHO (Small Office Home Office) Router

SOHO Router yang merupakan settingan alternatif lain dari Router. Fungsinya hampir sama dengan Router tetapi SOHO Router, port Ethernet Utamanya berfungsi sebagai WAN (Jaringan Luar) dan Wireless atau Ethernet Sekundernya berfungsi sebagai LAN (Jaringan Dalam). Jadi intinya, perangkat dengan settingan SOHO Router Mode memerlukan koneksi internet lewat kabel LAN untuk kemudian bisa membaginya ke komputer lain dengan Kabel maupun Wireless. Itulah mengapa mode ini dinamakan Small dan Home Office karena mode ini hanya cocok untuk jangkuan tempat yang dekat dan kecil, jangkauan yang bisa dicapai oleh kabel fisik LAN.

Contoh : 

Sebuah Office kecil yang membutuhkan jaringan internet, setelah terdaftar dengan salah satu ISP (Internet Service Provider) seperti Indihome untuk memenuhi kebutuhan itu. Maka di perlukan sebuah Perangkat dengan mode SOHO Router agar bisa menyambungkan LAN jaringan internet dari ISP dan kemudian dibagikan jaringan internet itu ke Komputer/Device yang ada di Office lewat Wireless ataupun LAN.

Note : Perbedaan utama Router dan SOHO Router adalah SOHO Router memerlukan sumber jaringan internet dari ISP hanya via kabel LAN, sedangkan Router Mode bisa melalui kabel LAN maupun Wireless.

Sekian tentang perbedaan tiga mode yang sering di gunakan dalam Perangkat Network/Router Outdoor CPE, terutama untuk produk Ubiquiti. Selamat membaca dan berikan komentar/tanggapan. Terima Kasih!!!

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart