Reset BIOS Pada Komputer

Reset CMOS atau biasa juga di kenal dengan istilah Reset BIOS adalah mengembalikan setting BIOS menjadi settingan default atau settingan pabrik sehingga segala perubahan settingan pada BIOS akan hilang termasuk juga password ketika hendak masuk ke BIOS. Pada pembahasan kali ini, akan dibahas bagaimana caranya menreset BIOS dengan Jumper CMOS atau dengan Mencabut Baterai CMOS.

Pada dasarnya Password BIOS baik itu Laptop maupun PC disimpan dalam memori CMOS, penyimpanan data-data BIOS tersebut dipertahankan oleh baterai saat Laptop atau Komputer dimatikan. Baterai tersebut ditempelkan atau ditaruh pada pada Motherboard. Jika Anda melepas baterai ini dari motherboard maka semua informasi yang disimpan di CMOS (termasuk password BIOS) akan hilang atau kembali ke default settingan pabrik. (Akan tetapi, Laptop model baru setting BIOS nya tidak dipertahankan oleh baterai CMOS, Melainkan disimpan didalam IC BIOS, sehingga cabut baterai CMOS tidak berlaku pada Laptop model baru, melainkan harus di jumper). Pada pembahasan kali ini, hanya dibahas seputar cara reset CMOS pada PC.

 CARA RESET PASSWORD BIOS PC/KOMPUTER

Untuk Cara Reset BIOS pada Komputer PC sebenarnya sangatlah mudah. Ada dua cara untuk menreset BIOS.  Cara yang biasanya dipakai oleh teknisi yaitu dengan menreset BIOS Komputer / Reset CMOS Komputer, sebagai berikut:

Melepas Batery MotherBoard

Langkah ini adalah cara yang paling mudah untuk menreset BIOS namun supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukannya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cabut Kabel Listrik dari Power Supply
  2. Kemudian Buka Cassing Komputer PC anda
  3. Lihat di Motherboard PC anda ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC Anda
  4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
  5. Pasang kembali cassing komputer anda
  6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali

Kalau Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka Anda telah menreset Password BIOS Komputer PC.
Cara kedua yaitu dengan JUMPER CMOS / Jumper BIOS

Untuk langkah ini Anda tidak perlu mencabut baterai motherboard namun dengan memindahkan posisi jumper CMOS, biasanya jumper CMOS ini berada di sekitar baterai.  Berikut langkah-langkah menreset password bios dengan memindahkan jumper CMOS:

  • Pastikan Anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply kemudian Lepas Casing Komputer/PC Anda
  • Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS.  Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin.
  • Untuk yang tipe jumper 3 pin,  pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin mereset BIOS/CMOS maka Anda harus memindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi. Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi.  Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut.
  • Tunggu kurang lebih 5 menit
  • Untuk Tipe jumper 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula.  Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut.
  • Pasang kembali casing dan colok listrik ke power supply
  • Maka komputer siap untuk dinyalakan

Maka, selesailah Anda menreset password Bios dengan jumper. Sekian dan semoga bermanfaat.

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart