Tips Mengetahui Motherboard Rusak

Komputer merupakan suatu perangkat keras yang dalam dunia modern kali ini tidak dapat diragukan lagi merupakan perangkat keras yang sangat penting di berbagai lini. Salah satu komponen yang ada di dalam komputer adalah motherboard. Motherboard memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah sistem komputer. Motherboard, disebut juga dengan istilah mainboard, atau istilah teknis lainnya dalam konteks indonesia adalah mobo, sebenernya merupakan sebuah PCB, Printed Circuit Board atau disebut juga circuit board yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan penampang utama untuk menyusun seluruh komponen yang diperlukan untuk menjalankan sebuah komputer. Sebagaimana perangkat keras komputer yang lain, perangkat keras yang satu ini pun juga bisa mengalami kerusakan. Dan apabila rusa, biasanya biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaikinya pun tidak sedikit. Bahkan ketika motherboard rusak, orang orang biasanya lebih memilih menabung untuk membeli sebuah komputer baru, daripada mengeluarkan uang cukup banyak untuk memperbaiki motherboard tersebut. Nah sekarang saya akan memberitahu cara mengetahui motherboard yang rusak, yaitu yang pertama; 

1.Mengamati Tingkat Panas Komputer Ketika Boot-up

Dalam kondisi normal, rata rata komputer yang masih berfungsi dengan baik akan terasa panas apabila kita gunakan untuk menjalankan aplikasi aplikasi berat. Namun demikian, ketika motherboard bermasalah, maka salah satu gejala yang muncul adalah komputer akan teras panas sejak awal kali menyala.

2.Mengamati Kondisi BIOS

Gejala lain yang akan terlihat adalah munculnya masalah pada sistem bios yang dimiliki oleh komputer mu. Baik kerusakan yang ringan ataupun kerusakan yang parah, kerusakan pada motherboard sangat rentan mempengaruhi kondisi BIOS. Beberapa permasalahan pada bios yang biasanya disebabkan karena adanya masalah pada motherboard adalah sebagai berikut.

Bios tidak dapat diakses dengan berbagai cara

Tidak dapat melanjutkan penggunan komputer melewati bios alias terlihat pada bios meskipun terdapat sistem os

Komputer menyala tetapi tetap blank screen, tidak muncup apa apa karena bios rusak

 

3.Mengamati Kondisi Kipas Cpu Atau Prosesor

Pada Motherboard yang sedang mengalami kerusakan terutama pada bagian chipset atau pada bagian regulator yang lain maka salah satu gejala yang akan muncul adalah tidak berfungsinya kipas CPU dan juga kipas prosesor atau berfungsi tetapi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Nah itu tadi artikel yang dapat saya berikan, semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua, akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan sampai jumpa…..

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart