Upgrade BIOS Ketika Mengganti Komponen Komponen Pc

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan , Apa itu BIOS ? BIOS adalah singkatan dari ( Basic Input Output System ) adalah program yang terdapat pada motherboard komputer. BIOS merupakan program pertama yang dimuat oleh komputer sehingga komputer dapat dihubungkan dengan CD drive.Nah di topik pembahasan kali ini saya akan memberikan tips atau cara melakukan upgrade / update pada BIOS komputer.

Tapi mengapa kita harus mengupdate BIOS? dan kapan saja kita harus mengupdate BIOS? Proses Update bios dilakukan pada saat terdapat kesalahan sistem operasi,dengan kita mengupdate bios maka akan mencari versi yang kompatibel dengan komponen komputer kalian , dan juga proses update / upgrade bios dilakukan karena biasanya motherboard tidak mendukung perangkat yanag kita pasang. Misalnya kita menggunakan motherboarad produksi pada tahun 2010 dan kita ingin menggunakan / me- mount prosesor core i3 , maka kita harus melakukan update / upgrade bios. sebelum kita masuk ke cara caranya ada beberapa hal yang patut kalian perhatikan dan kalian hindari , yaitu;

1.Hindari melakukan update BIOS jika kalian tidak mengerti cara melakukan update nya.

2.Proses update BIOS ini sangat beresiko karena jika adanya kerusakan pada aliran listrik kalian dapat menyebabkan FIrmware pada pc kalian.

Sekarang kita akan masuk ke langkah langkah cara mengupdatenya yaitu;

1.Carilah Versi Bios kalian yang terbaru atau yang sedang ada dalam pc kalian dengan cara , Bukalah program System information pada windows. untuk windows xp dan windows 7 cukup tulis “msinfo32”

 

2.Cari Tahu siapa Pembuat komputer anda , ini adalah langkah awal yang penting untuk menentukan versi update BIOS yang benar.

3.Lakukan Back up BIOS , jika menggunakan program update bios , lakukan Back up bios terlebih dahulu dan proses ini sangat dianjurkan jika kalian ingin melakukan proses update BIOS.

  

4.Membuat Persiapan untuk sistem komputer anda, Bahaya terbesar saat melakukan update bios adalah padamnya aliran listrik secara tiba tiba,dan pastikan jika kalian ingin melakukan update gunakan UPS ( Uniterruptible Power Supply) agar proses update tetap berlangsung 

5.Melakukan Proses Update , Jalankan file instalasi yang telah di download untuk di melakukan proses update. dan mulai lah proses update 

 

6.Restart Komputer , jika kalian sudah melakukan proses update yang kalian harus lakukan selanjutnya adalah Restart Komputer beberapa komputer langsung melakukan restart dan ada juga beberapa yang meminta izin dari kita , jika kalian mendapat notif meminta izin untuk melakukan restart , maka pilihlah “Restart now”

7.Ubah settingan bios ke default jika dianjurkan ,Sebenarnya langkah ini tidak wajib dilakukan tergantung fitur apa yang berubah, pilih ” Load Setup Default ” jika kalian sudah masuk ke settingan bios ini .

 

8. Mengatur Bios , Pada langkah ini terserah pada kalian apa apa saja yang ingin kalian atur pada settingan bios ,tapi saya anjurkan cukup atur ke settingan default saja . 

Nah itu tadi adalah cara cara melakukan update pada bios , Semoga dapat kalian terapkan dirumah . Itu tadi artikel tentang cara melakukan update bios pada komputer , semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dulu artikel dari saya. Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih dan Sampai Jumpa….

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart