Langkah Langkah Menjaga Keawetan Flashdisk

Beberapa diantara kita pasti menggunakan flashdisk dalam kehidupan sehari hari, tentu saja karna flashdisk memiliki ukuran yang kecil praktis dan juga memiliki ukuran memory yang bervariasi membuat flashdisk menjadi populer saat ini. Kalau boleh mengingat awal kemunculannya, harga flashdisk sangatlah mahal sekali bahkan untuk ukuran memory yang kecil sekalipun. Tetapi untuk zaman sekarang flashdisk menjadi murah dan terjangkau bahkan untuk kapasitas memory yang besar sekalipun. Bagi beberapa orang pasti khsusnya yang sering gonta ganti flashdisk pasti merasa jengkel karna harus gonta ganti flashdisk, bukan karna harganya yang membuat jengkel tetapi jika didalam keadaan penting kita harus mentransfer file tidak mungkin kita harus langsung mengganti / membeli flashdisk baru. Nah sekarang buat kamu yang tidak ingin kejadian ini berulang lagi, saya akan memberikan cara supaya flashdisk kamu menjadi awet dan tidak harus gonta ganti lagi, langsung saja kita langkah yang pertama yaitu;

1. Jangan asal cabut

Ketika sedang merasa tergesah-gesah beberapa orang langsung main asal cabut flashdisk yang tertancap pada flashdisk nya. Jangan pernah melakukan ini lagi, karna ini lah yang paling sering menjadi penyebab flashdisk menjadi rusak. Sebaiknya sebelum mencabut kamu harus melakukan eject terlebih dahulu.

 

2. Hindari dari tempat berdebu

Pernah menemukan flashdisk yang ujungnya sampai berkarat? itu adalah contoh ekstrim dari kurang bersihnya tempat penyimpanan flashdisk. Pastikan flashdisk kamu diletakkan ditempat bersih dan kering. Hindari dari tempat lembab dan berdebu karena jika flashdisk kotor bahkan sampai berkarat, bukan hanya flashdisk yang akan rusak tetapi port usb kamu juga akan rusak.

 

3. Gunakan sebagai media penyimpanan saja

Jika kamu menggunakan flashdisk hanya untuk pertukaran data, segera transfer data setelah flashdisk tertancap pada port usb pc / laptop kamu, dan jika sudah selesai lakukan eject / safely remove saat ingin mencabut flashdisk. Hindari dari pengerjaan langsung pada flashdisk karna ini akan memakan jatah read/write sehingga lebih cepat mencapai batas kerusakan.

 

4. Jangan terlalu sering format

Lakukanlah format pada flashdisk seperlunya saja terlebih lagi itu adalah full format. Jangan sering sering melakukan format padahal sebenernya kamu hanya ingin mengosongkan 1 atau 2 file saja. 

 

Nah itu tadi adalah beberapa cara untuk menjaga keawetan flashdisk kamu, semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpaaa…..

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart