Memperbaiki Flashdisk Rusak Dan Tidak Bisa Diformat

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte. USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. Fungsi dari Flash disk adalah sebagai media penyimpanan data cara kerjanya adalah dengan memasukkan sambungan USB kedalam slot USB yang ada di komputer, tunggu sampai komputer anda mendetect FD tsb, maka baru ia dapat digunakan

kita masuk ke tutorial dalam memperbaiki flashdisk. Namun sebelum melakukan cara-cara berikut sebaiknya anda mencoba untuk menancapkan Flashdisk anda ke Windows dan PC lain yang terinstall Windows xp,7,8 Untuk melakukan pemformatan. Jika masih belum bisa juga anda bisa melakukan cara-cara seperti berikut..

1. Masukkan Flashdisk ke dalam port USB yang ada pada laptop/Komputer.
2. Klik Start kemudian pilih RUN.
 3. Setelah tampilan RUN muncul ketikkan compmgmt.msc. Ketik tanpa tanda petik.

4. Setelah itu akan muncul program bernama computer management seperti pada gambar berikut :

 

5. Pilih storege yang berada di tengah setelah itu pilih disk management.

6. Di sini flashdisk anda akan terdeteksi.
7. Jika flashdisk anda sudah terdeteksi selanjutnya klik kanan pada flashdisk yang sudah terdeteksi tersebut.
8. Setelah itu pilih create partition.
9. Lalu klik kanan pilih format.
10. Pemformatan flashdisk anda telah selesai.

Lakukan jika masih belum bisa :
biasanya flashdisk tidak bisa di format dikarnakan terdapat write protection di dalamnya. maka kita harus menghapunya terlebih dahulu sebelum bisa di format. coba tutorial berikut :
1. Tekan tombol Window + R berbarengan
2. Pilih perintah regedit (tanpa tanda petik lalu tekan enter.
3. Kemudia akan muncul kotak dialog baru, tekan Ctrl+F.
4. Ketik tulisan berikut write protected (tanpa tanda petik) pada kotak searching, pilih Find Next dan segera hapus jika menemukan keterangan write protected. Caranya dengan melakukan klik kanan memunculkan pesan hapus.
5. Jika muncul dialog konfirmasi tekan Oke untuk menyetujui
6. Write protected sudah terhapus kodenya dan mobile flashdisk kembali ke kondisi semula.
7. Tutup dialog Registri Editor, cabut flashdisk lalu restart komputer Anda
8. Setelah cara perbaikan diatas selesai dengan sempurna, biasanya flashdisk sudah bisa dipakai kembali karena kode write protectednya sudah hilang. Semisal flashdisk masih mengalami kendala gunakan cara kedua yaitu menggunakan software.

Cara diatas cukup ampuh dalam menangani kasus-kasus yang sering terjadi saat flash anda bermasalah.

Semoga Bermanfaat..

Teknody

Toko Komputer Batam yang menjual dan mendukung kebutuhan IT Anda sejak tahun 2011. Selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya di bidang IT.

Leave a Reply

×

Cart